Jumat, 01 April 2011

Web Arsitektur

1. Pengenalan Javascript

Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. nama awal Javascript, yaitu LiveScript. LiveScript ini berfungsi untuk bahasa sederhana untuk browser. Namun LiveScript mendapatkan banyak kritik karena kurang aman, dan tidak ada pesan kesalahan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun program. Akibat banyak kritikan Netscape bekerja sama dengan Sun. Jadi pada tanggal 4 desember 1995 LiveScript diganti dengan Javascript.

Javascript sendiri adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang berjalan pada dokumen HTML. Javascript sangat tergantung kepada navigator(browser) yang memanggil skrip yang berisi Javascript dan terdapay di dalam dokumen HTML.. Javascript sendiri tidak memerlukan kompilator khusus untuk dapat menjalankannya, melainkan sudah terdapat di dalam browser tersebut. Dan bahasa Javascript adalah bahasa yang case-sensitive.

  1. Bentuk Skrip Javascript

Skrip dari javascript terletak di dalam dokumen HTML. Berikut bentuk umum dari Javascript.

untuk menulis komentar pada javascript anda dapat menggunakan karakter dobel slash.

Berikut contoh program sederhana dari Javascript:

Contoh Program Sederhana

  1. Pengenalan XML

XML kepanjangan dari eXtensible Markup Language yang dikembangkan pada tahun 1996, pada bulan Februari 1998 baru mendapatkan pengakuan dari W3C. XML merupakan turunan dari SGML yang dikembangkan pada awal 80-an. XML mengadopsi bagiam-bagian yang terpenting saja yang ada di SGML, yang berpedoman pada pengembangan HTML. Sama dengan HTML, file XML juga berbentuk teks, sehingga jika kita ingin membaca tidak memerlukan software khusus untuk membacanya. Kelebihan dari XML adalah bahwa informasi dapat dipertukarkan dari satu system ke system lain yang berbeda platform.

Bagian-bagian dari Dokumen XML :

  1. Root node adalah node yang melingkupi keseluruhan dokumen, dan hanya ada satu root node.
  2. Element node adalah bagian dari dokumen XML yang ditandai dengan tag pembuka dan tag penutup, contoh .
  3. Attribute note adalah nama dan nilai atribut ditulis pada tag awal sebuah elemen.
  4. Text node adalah text yang merupakan isi dari sebuah elemen.
  5. Comment node adalah baris yang tidak di eksekusi oleh parser
  6. Processing Intruction node adalah perintah pengolahan dalam dokumen XML.
  7. NameSpace node, node ini mewakili deklarasi namespace.

Contoh :

Standart Header

Processing Instruction

type="text/xsl"

href="belajar.xsl"

?>

Komentar

Rootnode

Judul=”Manajemen Data dan Informasi dengan XML/XSLT”Penulis=”Moh Junaedi”>

Element kosong

Berkenalan dengan XML/XSLT

Lebih dekat dengan XML

Elemen-elemen XSLT

.

.

.

Attribute

  1. Pengenalan HTML

  1. World Wide Web

Internet adalah suatu jaringan yang menghubungkan antara network dengan network lain di seluruh dunia. TCP/IP adalaj protocol yang menghubungkan antar jaringan di seluruh dunia. Word Wide Web merupakan bagian dari internet yang paling cepat berkembang. WWW bekerja berdasarkan 3 mekanisme:

  1. Protokol standart aturan yang di gunakan untuk berkomunikasi pada computer networking. Hypertext Transfer Protocol adalah protocol untuk WWW.
  2. Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web, yaitu URL(Uniform Resource Locator) yang digunakan sebagai standart alamat internet.
  3. HTML digunakan untuk membuat dokumen yang bias di akses melalui web.

  1. Pengenalan HTML

Hypertext Markup Language adalah standart bahasa yang digunakan untuk menampilkan dokumen web, yang dapat anda lakukan dengan HTML:

a. Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.

b. Mempublikasikan dokumen secara online sehingga dapat di akses di seluruh dunia.

c. Membuat Online form yang dapat digunakan untuk pendaftaran, dan transaksi secara online.

d. Menambahkan object-object seperti image, audi, video dan juga ava applet dalam document HTML.

Tag-tag HTML

Command pada HTML disebut Tag, Tag digunakan untuk menentukan tampilan dari dokumen HTML. Tag pada HTML tidak case sensitive. Bentuk dari tag HTML, yaitu Element, Attribute, Value. Di dalam document HTML terdapat Strukturnya, yaitu Head dan Body. Head pada document HTML diapit oleh tag , head ini berfungsi untuk menampilkan judul dengan menambahkan tag TITLE pada tag HEAD. HEAD juga memuat tag META yang berfungsi untuk menentukan informasi tertentu mengenai document HTML. BODY digunakan untuk menampilkan text, image link, dan semua yang akan di tampilkan di web page. Berikut contoh dari HTML:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar